5 Kalimat Ajaib dari Orang Tua kepada Si Buah Hati

Arka Atmaja | Januari 22, 2019 | 0 komentar

5 Kalimat Ajaib dari Orang Tua kepada Si Buah Hati
Perasaan anak sangatlah sensitif. Untuk membuat buah hati merasa dicintai, ada beberapa kalimat "ajaib" yang bisa orangtua ucapkan kepada si buah hati sebagai ungkapan rasa cinta sekaligus pembejaran kepada si kecil. Karena apa yang kita ucapkan, bisa sangat berpengaruh pada suasana hati dan perasaannya.
Sebuah kalimat yang kita ucapkan dengan tulus bisa memberi perubahan yang besar pada si kecil.

Dengan menyesuaikan situasi dan konteks yang ada, ada lima kalimat yang bisa lebih sering kita ucapkan kepada anak agar ia merasa lebih dimengerti dan dicintai. Kalimay kalimat itu adalah:

1. "Terima kasih ya nak sudah mau ikut membantu."
Saat anak sudah membantu kita melakukan sesuatu, kita bisa mengucapkan terima kasih padanya. Dengan mengucapkan terima kasih pada perilaku positifnya, anak bisa termotivasi untuk melakukan berbagai hal baik lainnya. Selain itu, dia juga akan meniru kalimat kita dan punya kebiasaan berterima kasih pada orang lainnya.

2. "Ibu tetap mencintaimu meski kadang memarahimu."
Ketika anak melakukan sikap buruk, kita mungkin akan marah dan mendisiplinkannya. Tapi itu dilakukan karena kita peduli padanya. Kita ingin dia bisa jadi anak yang lebih baik. Untuk itu kita juga perlu memberitahunya kalau kita tetap mencintainya meski kadang bertengkar atau marah dengannya.

3. "Kamu sudah berusaha dengan baik."
Adakalanya si kecil gagal melakukan sesuatu. Saat ia sudah berusaha semaksimal yang dia bisa, tetapi ternyata hasilnya tak sesuai harapan, kita bisa menghibur hatinya dengan mengatakan kalau kita mengerti dia sudah berusaha dengan baik. Sehingga dia tak akan merasa tertekan atau stres sendiri.

4. "Maaf, Ibu salah."
Meminta maaf bukanlah hal terlarang bagi orang tua. Kita bisa memperlihatkan bahwa orangtua juga bisa melakukan kesalahan. Maka dari itu, meminta maaf keada anak bukanlah hal tabu dan memalukan. Di sini kita juga memberi contoh pada anak untuk mendorongnya selalu berkata jujur dan tidak sembunyi saat melakukan kesalahan.

5. "Ibu senang saat bisa menghabiskan waktu bersamamu."
Walau ada hari berat yang baru dilalui, meski baru saja bertengkar, akhiri hari dengan megucapkan kalimat positif tersebut. Walau kadang kita marah-marah dan kesal dengan perilaku nakal anak, kita tetap perlu menunjukkan bahwa kebersamaan kita dengannya tetaplah yang paling berharga.

Untuk membangun karakter positif pada anak kita perlu mengucapkan kata-kata yang positif juga. Semoga dengan membiasakan berkata baik pada buah hati tercinta, ke depannya dia juga bisa memiliki sikap dan kepribadian yang baik juga.


[sumber]

Category:

Yayasan Bakti Ibu:
Hubungi Kami : JL. Kiyai Haji Thohir Gg. Sunan Kalijaga, Semarang, Indonesia Telp : 085641023867

0 komentar

Postingan Populer