Atasi Kecanduan Gadget pada Anak dengan Keteladanan Orang Tua

Arka Atmaja | Maret 06, 2018 | 0 komentar


Meningkatnya kriminalitas yang dilakukan anak dan masyarakat, kecanduan gadget yang menimpa semua usia  menjadi kegelisahaan bagi semua kalangan tak terkecuali segenap warga sekolah Sekolah Islam Terpadu Harapan Bunda Semarang. Hal itu yang mendorong sekolah ini bekerja sama dengan komite sekolah menyelenggarakan seminar parenting akbar yang diselenggarakan di Balairung Universitas PGRI Semarang. 

Acara berlangsung meriah yang dihadiri seribu peserta yang merupakan wali murid siswa KB-TK-SD-SMPIT dan Rumah Qur' an Harapan Bunda dibawah naungan Yayasan Bakti Ibu.

Acara dibuka dengan sambutan ketua Yayasan Bakti, Rini Tri Utami yang memberikan apresiasi kepada seluruh peserta yang hadir yang jumlahnya ribuan,  dan kerja sama harmonis pengurus komite sekolah sebagai panitia. 

Pihak Dinas pendidikan Kota Semarang yang diwakili kepala bidang pembinaan SMP Soetarto, mengapresiasi adanya kegiatan seminar sebagai salah satu pembekalan orang tua dan guru untuk meningkatkan kualitas sesuai tuntutan mencerdaskan  bangsa dan pembentukan karakter anak. 

"Acara seminar parenting sebagai sarana belajar bersama antara orang tua dan guru dalam mendidik anak untuk meningkatkan kualitas pendidikan," tandasnya, Senin (5/3). 

Berbagai tampilan pentas seni siswa secara bergantian ditampilkan mulai dari parade hadist dan doa dan gerak lagu, rebana dan nasyid, sebagai bentuk penyaluran bakat dan prestasi yang dikembangkan.

Di puncak sesi materi kedua pembicara Solikhin Abu Izudin dan Dr Sukro Muhab sebagai pembina jaringan Sekolah Islam Terpadu Indonesia, sama-sama mengamini bahwa gadget atau hp menjadi salah satu tantangan mendidik generasi milenia yang terlahir diera tehnologi dan globalisasi. Menurutnya banyak anak dan orang sudah kecanduan gadget sehingga cenderung anti sosial dan materialisme/hedonisme.  Dalam forum bersama semua orang berkumpul tetapi masing-masing sibuk dengan gadget masing-masing. 

"Kecanduan gadget ini harus diatasi serius oleh orang tua salah satunya dengan keteladanan dari orang tua dengan tidak sibuk bermain gadget di depan anak, aturan yang jelas dan pendampingan," tegas Dr Sukro. 

Pemilihan sekolah yang baik juga sangat mendukung untuk lingkungan anak berinteraksi dan pembentukan karakter anak, salah satunya dengan masuknya anak-anak di sekolah islam terpadu yang sudah terbukti karakter islaminya di 2215 sekolah yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Hal senada juga diungkapkan oleh Sholikin Abu Izudin yang sudah menulis puluhan buku parenting menegaskan bahwa orang awam sekalipun bisa menjadikan anaknya luar biasa dengan keseriusan, salah satu waspada dengan gadget. "Gadget adalah alat jadi jangan diperalat olehnya," terang Sholikin. 

Maka penting bagi orang tua untuk membekali anak dengan dzikir, pikir dan skill. Di akhir sesi diadakan launching SMAIT Harapan Bunda yang akan  beroperasi pada tahun 2019. 


Sumber: http://citizennews.suaramerdeka.com/gayahidup/detail/82/Atasi-Kecanduan-Gadget-pada-Anak-dengan-Keteladanan-Orang-Tua 

Category:

Yayasan Bakti Ibu:
Hubungi Kami : JL. Kiyai Haji Thohir Gg. Sunan Kalijaga, Semarang, Indonesia Telp : 085641023867

0 komentar