Upacara Hari Kesaktian Pancasila: Salah Satu Silanya ''Ketuhanan Yang Maha Esa''

Arka Atmaja | Oktober 03, 2017 | 0 komentar


Memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada 1 Oktober, SDIT Harapan Bunda menggelar upacara bendera. Upacara ini digelar sebagai penghormatan kepada para pahlawan revolusi yang gugur dalam mempertahankan negara dari ideologi lain yang bertentangan dengan Pancasila, dalam hal ini komunisme.

Dalam amanatnya sebagai pembina upacara, Bapak Baedlowi menceritakan secara sekilas sejarah tentang kesaktian Pancasila. Menurutnya, Indonesia adalah negara yang berlandaskan Pancasila, dengan sila pertamanya adalah "Ketuhanan Yang Maha Esa".

"Oleh karena itu, Anak-Anak, tingkatkan iman dan rajin belajar agar tidak mudah tergoda dengan pemikiran komunis (PKI)," ucapnya.

Amanat tersebut senada dengan pidato Jenderal Besar Abdul Haris Nasution, salah satu calon korban yang selamat dalam peristiwa pemberontakan Gerakan 30 September (G30S). Pada saat pelepasan jenazah para Pahlawan Revolusi 5 September 1965, Jendral Nasution menyampaikan, "Tetapi dengan keimanan ini juga, kami semua yakin, bahwa yang benar akan tetap menang, dan yang tidak benar akan tetap hancur. .... Iman kepada Allah SWT, iman kepada-Nya, mengukuhkan kita, karena Dia perintahkan. Kita semua berkewajiban, untuk menegakan keadilan dan kebenaran."

Bapak Baedlowi juga menekankan pada siswa-siswi peserta upacara agar mereka belajar dengan rajin serta senantiasa menjaga shalat lima waktu.


Category:

Yayasan Bakti Ibu:
Hubungi Kami : JL. Kiyai Haji Thohir Gg. Sunan Kalijaga, Semarang, Indonesia Telp : 085641023867

0 komentar